TIPE TIPE JARINGAN #part1

#PART1

Hallo assalamuallaikum guyyss



Kali ini saya akan menjelaskan beberapa tipe tipe jaringan
sebelum itu silahkan kunjungi akun youtube saya ( https://www.youtube.com/channel/UCu1pBf-OCc23b9ZVlLwqvTA )dan jangan lupa untuk klik tombol SUBCRIBE LIKE KOMEN AND SHARE

Kalo bicara masalah jaringan tentunya kita tau nya internet saja yaa ...???
 yaa betull
Namun tahu kah anda gmna cara nya suatu internet bisa kita dapatkan

Dan gmna caranya hp/laptop kita terconnection dengan sebuah jaringan internet
untuk pengguna hp/laptop tenntunya kita tinggal mencari signal GSM
namun bagaimana perangkat kita yng membutuhkan akses internet namun belum support dengan wireless Contohnya seperti PC / Komputer
(Pasang Wifii) yaa ...itu solusinya
dengan kita berlangganan di sbuah provider
kita dapat mendapatkan 1 buah perangkat dirumah yang di sebut sebagai MODEM ONT
sbelum prangkat ont sampai kerumah kita
tentunya kita harus menunggu si teknisi untuk tahap penarikan kabel ya
baru si prangkat modem bisa terhubung dan mendapatkan akses internet
Nahhh Pertanyaannya ....????
kenapa waktu kita berlangganan CDMA cukup membeli kartu perdana dan kouta saja
apa perbedaanya

Pertama yang akan kita bahas adalah topologi dan jenis2 jaringannya saja dulu yaa
cekidott ..............


Pertama ada yng mengsharing jaringan itu menggunakan wireless
apa yng di maksud wireless

 WIRELESS
 Banyak jenis jaringan wireless yang ada, dan dapat dikategorikan dalam berbagai cara yang ditetapkan dalam sub bagian tergantung pada kriteria yang dipilih untuk klasifikasinya.Seperti halnya jaringan kabel, jaringan wireless dapat diklasifikasikan ke dalam jenis yang berbeda berdasarkan pada jarak dimana data yang dikirim:

Wireless Wide Area Networks (Wireless WAN)

Wireless WAN adalah infrastruktur berbasis jaringan yang mengandalkan pada infrastruktur jaringan seperti MSC dan BTS untuk memungkinkan pengguna ponsel untuk membangun koneksi wireless melalui remote public atau private networks . Koneksi ini dapat dibuat pada daerah geografis yang luas, di kota atau bahkan negara, melalui penggunaan beberapa antena atau sistem satelit yang dikelola oleh penyedia layanan wireless. Jaringan selular ( seperti jaringan GSM atau CDMA jaringan ) dan jaringan satelit adalah contoh yang nyata dari jaringan Wireless WAN.

Wireless Metropolitan Area Networks (Wireless MAN)

Wireless MAN kadang-kadang disebut juga sebagai fixed wireless. Wireless MAN juga infrastruktur berbasis jaringan yang memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi wireless broadband di antara beberapa lokasi dalam daerah metropolitan, misalnya, antara beberapa bangunan kantor dalam sebuah kota atau pada kampus/universitas, tanpa biaya tinggi, dengan menggunakan serat atau kabel tembaga dan leasing line. Selain itu, Wireless MAN dapat berfungsi sebagai backup untuk jaringan wired leased line yang utama jika jaringan kabel mendapat gangguan atau kerusakan. Baik gelombang radio dan cahaya inframerah dapat digunakan dalam wireless MAN untuk mengirimkan data. Teknologi yang populer adalah local multipoint distribution services ( LMDS ) dan jmultichannel multipoint distribution services ( MMDS ). IEEE telah membuat spesifikasi 802,16 Working Group on Broadband Wireless Access Standards yang mengembangkan standar dan praktek yang dianjurkan untuk mendukung pengembangan dan penyebaran broadband wireless MAN.

Wireless Local Area Network (Wireless LAN)

Wireless LAN memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi wireless dalam area lokal, biasanya dalam gedung sebuah perusahaan atau kampus, atau di ruang publik, seperti bandara, biasanya dengan cakupan 100m. WLAN menyediakan sistem komunikasi data yang fleksibel yang dapat digunakan di kantor-kantor ang bersifat temporary atau ruang lain di mana instalasi kabel menjadi penghalang, atau untuk melengkapi LAN yang ada sehingga pengguna dapat bekerja pada lokasi dalam bangunan yang berbeda pada waktu yang berbeda. Kantor, rumah,cafe, dan bandara menggunakan hotspot khusus untuk instalasi wireless LAN.
Wireless LAN dapat beroperasi dalam berbasis infrastruktur atau dalam mode ad hoc. Dalam mode infrastruktur, stasiun wireless menghubungkan ke titik akses wireless yang berfungsi sebagai jembatan antara stasiun dan jaringan backbone yang ada. Dalam modus ad hoc, beberapa stasiun wireless dalam area terbatas, seperti ruang konferensi, dapat membentuk suatu jaringan yang temporary tanpa menggunakan access point, jika mereka tidak memerlukan akses ke sumber daya jaringan.
Tipikal implementasi wireless LAN termasuk 802.11 (Wi-Fi) dan Hiperlan2. Dalam 802.11a dan 802.11b, dapat mencapai kecepatan transmisi data antara 11 Mbps hingga 54 Mbps.

Wireless Personal Area Networks (Wireless PAN)

Teknologi wireless PAN memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi ad hoc, komunikasi wireless antara perangkat wireless pribadi seperti PDA, telepon selular, atau laptop yang digunakan dalam ruang operasi pribadi, biasanya sampai jarak 10 meter. Dua teknologi wirelees PAN yang utama adalah Bluetooth dan cahaya inframerah. Bluetooth adalah teknologi pengganti kabel yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data pada jarak hingga 9-10 m, sedangkan inframerah dapat menghubungkan perangkat dalam jarak 1 meter. Wireless PAN mendapatkan momentum karena kompleksitas yang rendah, konsumsi daya rendah, dan interoperabilitas dengan jaringan 802.11.

Jenis Jaringan Wireless berdasarkan teknologi Akses

Tergantung pada standar spesifik, frekuensi, dan penggunaan spektrum, jaringan wireless dapat dikategorikan berdasarkan pada teknologi akses yang digunakan.
– Jaringan GSM
– Jaringan TDMA
– Jaringan CDMA
– Jaringan Satelit
– Jaringan Wi-Fi (802.11)
– Jaringan Hiperlan2
– Jaringan Bluetooth
– Jaringan Infrared

Jenis Jaringan Wireless berdasarkan aplikasi jaringan

Jaringan wireless juga dapat dikategorikan berdasarkan penggunaan tertentu dan aplikasi yang didukung, misalnya
– Jaringan Enterprise
– Jaringan rumah
– Jaringan taktikal
– Jaringan sensor
– Jaringan Pervasive
– Wearable Computing
– Jaringan Automated Vehicle


Cukup sekian dulu sampai disini
tunggu blog saya selanjutnya di #Part2Index Blog ghels.kamba343@gmail.com
Index Blog ghels.kamba343@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini